Tuesday, February 16, 2010

Polip Kolorektal

DEFINISI
  • Beberapa polip disebabkan oleh kondisi turun temurun.
  • Pendarahan dari dubur adalah gejala yang paling umum.
  • Colonoscopy dilakukan untuk membuat diagnosa.
  • Operasi pengangkatan adalah pilihan terbaik pengobatan.
Polip adalah pertumbuhan jaringan dari dinding usus atau dubur yang menonjol ke dalam usus atau dubur dan bisa berupa bukan kanker (benign) atau kanker (ganas). Polyps bervariasi tergantung ukuran, semakin besar polip semakin besar risiko menjadi kanker atau pra-kanker.

Polyps mungkin bertambah besar dengan atau tanpa sel induk. Dimana yang tanpa sel induk lebih mungkin menjadi kanker daripada dengan sel induk. Adenomatous polyps, yang terdiri terutama atas sel kelenjar yang ada dipermukaan dalam usus besar, mungkin menjadi kanker (pra-kanker). Adenomas bergerigi adalah bentuk adenoma yang benar-benar agresif. Kondisi turunan; Beberapa polyps adalah hasil dari kondisi turunan, seperti keluarga adenomatous polyposis dan sindroma Peutz Jeghers.

Tahukah Anda?

Ada gangguan yang diwarisi yang membuat orang memiliki ratusan polip di usus besar mereka. Tanpa pengobatan, hampir semua penderita mengalami kanker menjelang usia 40 tahun.


Pada keluarga adenomatous polyposis, 100 atau lebih pra-kanker polyps terjadi di seluruh usus dan dubur besar selama masa kecil atau masa remaja. Pada hampir semua penderita yang tak diobati, polyps berkembang menjadi kanker usus besar atau kanker dubur (colorectal kanker) sebelum umur 40 tahun. Orang dengan polyposis keluarga adenomatous bisa menyebabkan komplikasi lain (dulunya disebut sindrom Gardner), khususnya berbagai jenis nonkanker. Tumor non kanker ini timbul di tempat lain tubuh (misalnya, di kulit, tengkorak, atau rahang).

Pada sindrom Peutz Jeghers, penderita mempunyai banyak polyps kecil di perut, usus halus, usus besar, dan dubur. Mereka juga mempunyai banyak spot hitam yang kebiru-biruan di muka mereka, di dalam mulut mereka, dan di tangan dan kaki mereka. Spot cenderung memudar sewaktu pubertas kecuali yang ada di dalam mulut. Orang dengan Peutz Jeghers sindrom meningkatkan risiko berkembang menjadi kanker banyak organ, teristimewa pankreas, usus halus, usus besar, payudara, paru-paru, indung telur, dan rahim.


GEJALA
Kebanyakan polyps tidak menyebabkan gejala. Ketika mereka terjadi, gejala yang paling umum adalah pendarahan dari dubur. Polyp besar mungkin menyebabkan kejang, nyeri abdominal, atau penghalang. Polyp besar dengan penonjolan sangat kecil, seperti jari (villous adenomas) mungkin mengeluarkan air dan garam, menyebabkan disre dengan air yang banyak yang dapat mengakibatkan kadar rendah kalium di darah (hypokalemia). Jarang, polip dubur di rectum keluar dan menjuntai lewat dubur.


DIAGNOSA
Seorang dokter mungkin dapat meraba polyps dengan memasukkan jari bersarung ke dalam dubur, tetapi biasanya polyps ditemukan selama fleksibel sigmoidoscopy (ujian bagian lebih rendah usus besar dengan tube melihat). Jika fleksibel sigmoidoscopy menampakkan polyp, colonoscopy dilakukan untuk memeriksa usus besar yang seluruh. Ujian ini yang lebih tuntas dan dapat diandalkan dilakukan karena lebih dari satu polyp biasanya hadir dan yang mana pun mungkin kanker. Colonoscopy juga membolehkan seorang dokter melakukan biopsi (pemindahan sampel kertas tisu untuk ujian di bawah mikroskop) bidang yang mana pun yang kelihatannya kanker.


PENGOBATAN
Dokter secara umum menganjurkan menghilangkan semua polyps dari usus besar dan dubur karena potensi mereka untuk menjadi kanker. Polyps dihilangkan selama prosedur colonoscopy memakai alat pemotong atau kabel berlistrik dengan loop. Jika polyp tidak mempunyai sel induk atau tidak bisa disingkirkan selama colonoscopy, pembedahan abdominal mungkin diperlukan.

Jika polip ditemukan menjadi kanker, pengobatan tergantung apakah kanker sudah menjalar. Risiko penyebaran ditentukan oleh pemeriksaan mikroskopis pada polip. Jika risiko rendah, tak ada perlakuan lebih lanjut yang diperlukan. Jika risiko tinggi, teristimewa jika kanker sudah menyerbu sel induk polip, bagian usus besar yang terkena disingkirkan dengan pembedahan, dan ujung usus yang dipotong disambung.

Ketika penderita mengalami penghilangan polip, seluruh usus besar dan dubur diperiksa dengan colonoscopy sesudah setahun dan lalu jangka waktu pemeriksaan ditentukan oleh dokter. Jika pemeriksaan seperti itu tidak memungkinkan karena penyempitan usus besar, enema barium digunakan untuk melihat usus besar dengan X-ray.

Bagi penderita dengan keluargaan adenomatous poliposis, pemotongan tuntas usus besar dan dubur menghapuskan risiko kanker. Alternative lain, usus besar disingkirkan dan dubur dihubungkan ke usus kecil; prosedur ini kadang-kadang menghilangkan polips dubur dan dengan demikian lebih disukai oleh banyak pakar. Sisa dubur diperiksa oleh sigmoidoscopy tiap 3 sampai 6 bulan, agar polips baru bisa dihilangkan. Jika polips baru muncul terlalu cepat, dubur juga harus disingkirkan. Jika dubur disingkirkan, lubang operasi diciptakan lewat dinding abdominal dari usus kecil (ileostomy). Kotoran badan dikeluarkan lewat ileostomy ke dalam kantong disposable.

Some nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) are being studied for their ability to reverse the growth of polips in people with familial adenomatous poliposis. Their effects are temporary, however, and once these drugs are discontinued, the polips begin to grow again. Beberapa obat anti inflamasi nonsteroid (NSAIDs) sedang dipelajari untuk kemampuan mereka untuk membalik pertumbuhan polips pada penderita dengan poliposis keluarga adenomatous. Efek mereka sementara, tetapi, dan begitu obat ini dihentikan, polips mulai bertambah besar lagi.