Friday, February 5, 2010

Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

DEFINISI
Rambut yang keriting sehingga ujungnya menusuk kulit bisa menyebabkan peradangan (pseudofolliculitis barbae). Hal ini sangat sering terjadi dengan rambut pada janggut yang keriting, khususnya pada pria kulit hitam. Setiap rambut yang bertumbuh ke dalam mengakibatkan jerawat kecil, sedikit menyakitkan dengan rambut kelihatan mengeriting ke titik tumbuh.


DIAGNOSA
Dokter mendiagnosa keadaan tersebut dengan penampilan khasnya. Pengobatan meliputi menyisir keluar setiap ujung rambut yang tumbuh ke dalam pada kulit dengan ujung jarum atau penjepit tajam.


PENGOBATAN
Pengobatan pencegahan terbaik adalah menumbuhkan janggut : ketika rambut lebih panjang, mereka tidak keriting kembali dan menusuk kulit. Seorang pria yang tidak ingin memiliki janggut bisa menggunakan obat penghilang rambut (sebuah cairan atau krim buatan yang menghilangkan rambut yang tidak diinginkan) dibuat dari thioglycolate, meskipun seringkali melukai kulit.

Orang yang harus bercukur harus bercukur pada arah yang sama dimana rambut tersebut tumbuh. Terus bercukur dengan berbagai pisau cukur harus dihindari. Orang yang terus mengalami masalah bisa melakukan terapi laser.