Wednesday, February 10, 2010

Tumor Hati Hepatocellular Adenoma

DEFINISI
Hepatocellular adenoma adalah tumor hati yang tidak bersifat kanker yang secara relatif tidak umum terjadi yang bisa disalahartikan sebagai kanker. Jarang, hal itu pecah atau berdarah menjadi bersifat kanker.


PENYEBAB
Hepatocellular adenoma terjadi sebagian besar pada wanita di usia melahirkan, terutama mereka yang menggunakan kontrasepsi oral.


GEJALA
Biasanya, tumor ini tidak menyebabkan gejala-gejala, sehingga kebanyakan menetap tidak terdeteksi. Adenoma besar bisa menyebabkan rasa sakit di bagian perut sebelah kanan. Jarang terjadi, hepatocellular adenoma tiba-tiba pecah dan berdarah ke dalam rongga perut, memerlukan operasi segera. Sangat jarang, tumor ini menjadi bersifat kanker.


DIAGNOSA
Adenoma biasanya dicurigai ketika pemeriksaan imaging, seperti ultrasonografi atau computed tomography (CT), dilakukan dan menunjukkan kelainan. Kadangkala biopsi diperlukan untuk memastikan diagnosa.


PENGOBATAN
Hepatocellular adenoma disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi oral bisa hilang ketika wanita tersebut berhenti menggunakan obat tersebut. Jika adenoma adalah besar atau terlokasi dekat permukaan hati, operasi dianjurkan karena pendarahan dan kanker adalah resikonya.