Friday, February 5, 2010

Trauma

DEFINISI
Bahkan luka kecil pada jari sekalipun bisa menyebabkan perubahan pada kuku. Kuku bisa mengalami bercak kecil berwarna putih yang dimulai pada letak luka dan bertambah besar dengan kuku.

Kerusakan berat pada bantalan kuku, terutaman yang berasal dari luka yang pecah, sering mengakibatkan perubahan bentuk kuku permanen. Untuk mengurangi resiko perubahan bentuk kuku permanen, luka tersebut harus diperbaiki segera (yang memerlukan pengangkatan pada kuku).

Subungual hematoma : darah sering menumpuk dibawah kuku (subungual hematoma) segera setelah luka (biasanya karena sebuah pukulan langsung, seperti oleh sebuah palu). Darah tampak seperti bercak ungu kehitaman dibawah sebagian atau seluruh kuku dan menyebabkan nyeri yang sangat hebat. Dokter bisa mengeluarkan darah tersebut dan meringankan nyeri dengan membuat lubang kecil pada piringan kuku. Biasanya dokter menggunakan kawat yang dipanaskan (alat electrocautery) untuk membakar lubang tersebut. prosedur ini tidak menyakitkan dan memerlukan waktu hanya beberapa detik.

karena darah telah memisahkan kuku dari tempatnya, kuku biasanya jatuh setelah beberapa minggu, sampai hematoma kecil. Kuku baru yang tumbuh dibawah kuku yang ada dan menggantinya ketika benar-benar tumbuh.

Tumor di bawah kuku bisa menyebabkan bercak ungu kehitaman serupa meskipun beberapa bercak muncul dengan lambat dan tidak dalam hitungan menit pada luka. Meskipun begitu, setiap hematoma kecil harus diperhatikan untuk memastikan bahwa mereka tumbuh bersama kuku. Tumbuh bersama kuku memebedakan hematoma dari tumor karena tumor tetap pada bercak yang sama dibawah kuku.