Tuesday, February 16, 2010

Traveler's Diarrhea (Flu Usus, Grippe, Turista)

DEFINISI
Traveler's diarrhea (Diare pada para pelancong, Flu Usus, Grippe, Turista) adalah suatu keadaan yang ditandai dengan diare, mual dan muntah, yang biasanya terjadi pada para pelancong.


PENYEBAB
Bakteri Escherichia coli yang menghasilkan toksin (racun) tertentu dan beberapa virus (contohnya virus Norwalk).


GEJALA
Mual, muntah, bising usus yang meningkat, kram perut dan diare bisa terjadi dalam berbagai macam kombinasi dan bervariasi dalam berat-ringannya. Pada infeksi karena virus Norwalk, biasanya terjadi muntah, sakit kepala dan nyeri otot. Kebanyakan kasus merupakan penyakit yang ringan dan tidak memerlukan pengobatan.


DIAGNOSA
Permeriksaan laboratorium jarang diperlukan.


PENGOBATAN
Pengobatannya adalah dengan minum banyak cairan dan makan makanan lunak. Antibiotik tidak diperlukan untuk diare ringan, kecuali jika penderita mengalami demam dan terdapat darah dalam tinjanya. Obat-obatan ini berbahaya, karena dapat mematikan bakteri yang secara normal tumbuh dalam tinja dan memicu tumbuhnya bakteri yang resisten (kebal) terhadap obat-obatan ini.


PENCEGAHAN
Para pelancong seharusnya mengunjungi rumah makan yang sudah memiliki reputasi baik supaya aman dan harus menghindari makanan atau minuman yang dijual di pinggir jalan. Semua makanan harus dimasak dan buah dikupas. Para pelancong seharusnya hanya minum minuman bersoda atau minuman yang dibuat dengan air matang. Bahkan es batupun sebaiknya dipastikan bahwa airnya telah dimasak.

Salad yang terdiri dari sayuran mentah harus dihindari. Bismut subsalisilat dapat digunakan untuk pencegahan/perlindungan. Antibiotik untuk pencegahan masih diperdebatkan, tetapi bisa diberikan pada orang-orang yang mengalami gangguan sistem kekebalan.