Tuesday, February 9, 2010

Tumor Hati

DEFINISI
Tumor hati bisa jinak (benigna) maupun ganas (maligna). Tumor yang ganas bisa berasal dari hati atau merupakan penyebaran (metasatase) dari bagian tubuh yang lain. Tumor ganas yang berasal dari hati disebut kanker hati primer dan yang berasal dari bagian tubuh yang lain disebut kanker metastatik. Sebagian besar kanker hati merupakan kanker metastatik.

Tumor hati yang jinak relatif sering ditemukan, tetapi biasanya tidak menimbulkan gejala-gejala. Sebagian besar ditemukan pada saat penderita menjalani pemeriksaan skening (misalnya USG, CT atau MRI), untuk alasan lainnya. Beberapa jenis tumor jinak ini menyebabkan hati jadi membesar atau mengalami perdarahan ke dalam rongga perut. Hati biasanya berfungsi secara normal, sehingga pemeriksaan darah memberikan hasil yang normal atau hanya terjadi peningkatan yang ringan dari kadar enzim-enzim hati.

Yang merupakan tumor jinak hati:
  • Adenoma hepatoseluler
  • Hemangioma
Yang merupakan tumor ganas hati:
  • Hepatoma
  • Kolangiokarsinoma
  • Hepatoblastoma
  • Angiosarkoma.

ADENOMA HEPATOSELULER

Adenoma Hepatoseluler adalah tumor jinak hati yang sering ditemukan. Adenoma hepatoseluler terutama terjadi pada wanita usia produktif, kemungkinan karena penggunaan pil KB meningkatkan resiko terjadinya tumor ini. Adenoma hepatoseluler biasanya tidak menunjukkan gejala, sehingga sebgaian besar tidak dapat terdeteksi. Meskipun jarang, adenoma ini bisa pecah tiba-tiba dan menyebabkan perdarahan ke rongga perut, sehingga perlu dilakukan pembedahan darurat.

Adenoma sangat jarang berkembang menjadi tumor yang ganas. Adenoma yang disebabkan oleh pil KB sering menghilang setelah pemakaian pil KB dihentikan.


HEMANGIOMA

Hemangioma adalah tumor jinak hati yang terbentuk dari massa pembuluh darah yang abnormal. Sekitar 1-5% dewasa memiliki hemangioma hati yang kecil, yang tidak menimbulkan gejala-gejala. Pada bayi, hemangioma yang besar kadang menimbulkan gejala yang mengarah kepada ditemukannya penyakit ini, seperti pembekuan darah yang menyebar luas dan kegagalan hati. Pada keadaan ini mungkin perlu dilakukan tindakan pembedahan.

Tumor ini biasanya terdiagnosis hanya jika penderita menjalani pemeriksaan USG atau CT scan. Hemangioma kecil yang tidak menyebabkan gejala, biasanya tidak membutuhkan pengobatan.


KANKER HATI PRIMER LAINNYA

Kolangiokarsinoma

Merupakan kanker yang berasal dari lapisan saluran empedu di dalam hati atau di dalam saluran empedu. Di negara Timur, infestasi hati oleh parasit (cacing pipih/cacing pita), diduga berperan pada terjadinya kanker ini. Pada penderita kolitis ulserativa dan kolangitis sklerotik menahun, kadang terjadi kolangiokarsinoma.

Hepatoblastoma

Hepatoblastoma merupakan kanker yang lebih sering ditemukan pada bayi. Kadang muncul pada anak-anak yang lebih besar dan bisa menghasilkan hormon gonadotropin yang akan menyebabkan terjadinya pubertas dini. Hepatoblastoma biasanya terdeteksi karena menyebabkan menurunnya keadaan kesehatan secara umum dan menyebabkan terbentuknya massa yang besar di perut kanan bagian atas.

Angiosarkoma

Angiosarkoma adalah kanker yang jarang, yang berasal dari pembuluh darah di hati. Angiosarkoma bisa disebabkan oleh pemaparan vinil klorida di tempat kerja. Kolangiosarkoma, hepatoblastoma dan angiosarkoma bisa didiagnosis hanya dengan melakukan biopsi hati, dimana contoh jaringan hati diambil dengan sebuah jarum untuk diperiksa dibawah mikroskop.

Biasanya, pengobatan hanya sedikit membantu dan sebagian besar penderita meninggal dalam beberapa bulan setelah tumor terdeteksi. Jika dapat terdeteksi secara dini, hanya terapi pembedahan yang dapat memberikan harapan hidup yang lebih panjang.